Tuesday, January 8, 2019

丹麦积极兴建人造岛

Kopenhagen - Sulitnya lahan untuk perumahan dan kantor tidak menyurutkan pembangunan Denmark, malah 9 pulau buatan dicanangkan rampung tahun 2040. Pulau buatan ini pun digadang siap menjadi Silicon Valley ala Eropa.

Proyek ''Holmene'' atau proyek pulau ini rencananya akan dimulai tahun 2022 di selatan Kopenhagen dan rampung tahun 2040. Denmark nantinya akan memiliki 9 pulau buatan seluas 420 kali lapangan sepakbola.
Menteri Dalam Negeri Simon Emil Ammitzboell-Bille mengatakan, pulau buatan ini akan menarik bisnis internasional dan akan membuka sekitar 12,000 pekerjaan. ''Kita akan menjadi lebih kuat dalam kompetisi internasional untuk menarik bisnis, investasi dan pekerja dengan kualitas terbaik,'' tambahnya.
Silicon Valley ala Denmark di Eropa
Kini proyek ini masih menunggu persetujuan parlemen. Sejauh ini pemerintah Denmark merencanakan pembukaan lahan baru sekitar 3,1 juta meter kubik, 700.000 meter kubik lahan hijau dan 17 km wilayah pesisir baru.
Dengan lokasi yang tak jauh dari Bandara Kopenhagen, proyek ini diperkirakan akan menarik 380 bisnis baru dan aktifitas ekonomi hingga 8 miliar dollar AS.
''Kami menargetkan perusahaan teknologi, tetapi selalu ada ruang untuk produsen kebutuhan sehari-hari,'' ujar menteri industri dan perdagangan Rasmus Jarlov seperti dikutip kantor berita Denmark Rizau. Untuk mendukung faktor finansial, penjualan kaveling akan mulai dilakukan tahun 2028.
Kepala asosiasi pekerja Denmark, Brian Mikkelsen, menyambut positif rencana itu. Seperti dikutip televisi Denmark TV2, Brian mengatakan pulau-pulau ini dapat memicu perkembangan Silicon Valley Eropa.
Rencananya, satu dari sembilan pulau itu akan menampung air limbah untuk mendaur ulangnya hingga mentransformasikannya menjadi bio-gas. Pulau ini juga akan digunakan sebagai tempat penyimpanan energi dari sumber energi terbarukan.
Denmark dan rencana pulau buatan
Dalam beberapa dekader terakhir, otoritas Denmark memang telah mengatasi masalah keterbatasan lahan dengan membuat lahan lahan buatan sehingga batas-batas wilayah bisa diperluas.
Proyek pulau buatan memang sudah digadang dari Oktober lalu oleh Perdana Menteri Denmark Lars Loekke Rasmussen. 

Pulau buatan di luar pesisir Denmark ini berguna tidak hanya sebagai fasilitas perumahan tetapi juga untuk mengantisipasi ancaman banjir akibat kenaikan permukaan laut.

Pulau Buatan Denmark Siap Jadi Silicon Valley ala Eropa

No comments:

Post a Comment